Blogger Widgets nAz berkaRya: Pembangunan Karakter Melalui Sholat

Rabu, 06 Maret 2013

Pembangunan Karakter Melalui Sholat

Umat muslim mana sih yang tidak mengenal sholat? semuanya yang beragama Islam sudah pastinya mengenal sholat. ya,, entah itu tiap hari mengerjakannya atau hanya mengenal saja sebagai syarat kalo dia memeluk agama islam.  nah, sebelum terlebih jauh membahas tema kali ini, akan lebih baik kalo kita perdalam dulu Ilmu kita tentang sholat, apa maknanya, bagaimana melakukannya dan hal-hal lain yang berkaitan dengan sholat.

oke, teman-teman sekalian,, sholat adalah salah satu ritual yang WAJIB dilakukan oleh orang muslim setiap hari sebanyak lima kali seharinya. jumlah rakaatnya bermacam-macam ada yang 2, 3 dan ada pula 4 rokaat. 2 rakaat untuk sholat subuh, 4 rakaat untuk sholat dluhur, 4 rakaat sholat asar, 3 sholat  maghrib dan 4 rakaat sholat isya', nah udah pada tahu kan? kan orang islam dan sudah sering di kerjakan. secara istilah, Sholat adalah kegiatan yang di awali dengan takbiratul Ihram dan di akhiri dengan salam dengan syarat dan rukun tertentu. teman-teman sekalian, sudah banyak sekali buku-buku yang menjelaskan apa makna sholat, manfaat sholat, keuntungan sholat dan hal-hal lain yang berkaitan dengan sholat. namun, penulis kira masih terlalu minim buku-buku yang menerangkan bagaimana sholat itu mampu membentuk karakter atau tabiat dari individu secara umum dan individu muslim pada khususnya. kok bisa?

Begini, salah satu syarat daripada mengerjakan sholat adalah suci, baik itu dari hadast besar maupun hadast kecil dan dengan mengerjakan sholat sudah barang tentu kita akan membiasakan diri kita untuk terhindar daripada najis sehingga diri kita tetap suci dan dapat mengerjakan ritual wajib kita yakni SHOLAT. kebiasaan kita untuk Suci seharusnya membuat pribadi kita mampu mengaplikasikan kesucian itu dimanapun kita berada. baik dalam beribadah maupun dalam keseharian kita. nah, dari sini akan terbentuklah karakter individu yang suci tersebut. karakter yang dapat terbentuk yang lain adalah disiplin. sholat juga mengajarkan kita untuk berdisplin dan menghargai waktu, karena sholat hendaknya dikerjakan tepat pada waktunya. selain itu, masih banyak kawan dampak positif dari sholat, oleh karena itu perbanyak sholat yaa, karena selain jiwa yang sehat, nanti tubuh kita pun akan kuat, banyak yang mengatakan sholat juga meruapakan sarana olahraga yang baik bagi kesehatan tubuh kita..

sekiaan,, trimakasih dan wassalam ^_^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar